Kuartil atas data berat badan di atas adalah

Ada tiga cara menghitung rata-rata data berkelompok, yaitu dengan menggunakan titik tengah, menggunakan simpangan rata-rata sementara dan menggunakan kode coding. Anang Wibowo, S.

Hasilnya seperti berikut ini: Tentukan mean, median dan modus dari data berikut: Ogive Ogif Grafik yang menunjukkan frekuensi kumulatif kurang dari atau frekuensi kumulatif lebih dari disebut poligon kumulatif.

Rataan dari lima bilangan adalah 2 dan simpangan bakunya 3.

PEMBAHASAN SOAL UJIAN NASIONAL STATISTIKA

Cara menghitung mediannya adalah sebagai berikut. Data disajikan dengan menggunakan juring atau sektor, di mana besar sudut pusat dari juring sesuai dengan perbandingan setiap data terhadap keseluruhan data. Hasil ujian yang diikuti oleh 50 peserta adalah sebagai berikut: Menentukan Kuartil dari Data Tunggal Tentukan kuartil bawah, median, dan kuartil atas untuk setiap kasus berikut.

Rata-rata dari data tersebut adalah 5, Jika jangkauan antarkuartil dinotasikan JK maka Perbedaan antara jangkauan data dan jangkauan antarkuartil diperlihatkan pada Gambar 1.

Jika kelas A terdiri 20 anak dan kelas B 30 anak. Contoh Soal: Penghitungan Penghitungan rata-rata dilakukan dengan menjumlahkan seluruh nilai data suatu kelompok sampel, kemudian dibagi dengan jumlah sampel tersebut.

Rasa masakan b. Pada bulan Juli, membeli buku tulis sebanyak buah, laku buah; membeli bollpoint sebanyak biji terjual biji. Modus untuk data kuantitatif ditentukan dengan jalan menentukan frekuensi yang paling banyak di antara data itu.

Desil ke—i untuk data tunggal ditentukan dengan menggunakan rumus: Sebagai contoh, data mengenai kualitas pelayanan, yaitu baik, sedang, dan kurang. Diagram Gambar Piktogram Piktogram adalah penyajian data statistik dengan menggunakan gambar model tertentu dan dilengkapi dengan hubungan kuatitatif tertentu.

Tentukan rataan dari data tersebut! Panjang kelas interval sama dengan 5. Jika daftar distribusi frekuensi mempunyai kelas-kelas interval yang panjangnya berlainan, maka tinggi diagram tiap kelas harus disesuaikan. Misalkan x S adalah nilai susulan, maka Statistika www.

Nilai rata-rata ujian Matematika dari 43 siswa adalah Untuk keperluan ini sejumlah toko ditanya mengenai ukuran sepatu yang paling banyak terjual. Lihat artikel: Lengkungan yang didapat dinamakan kurva frekuensi atau biasa disebut dengan ogive.

Soal UN dan Pembahasan tentang Statistika

Dari uraian tersebut, dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Bila angka di depannya ganjil maka dibulatkan ke atas, angka didepannya bertambah satu.

Nilai Frekuensi 11/30/ · Perhatikan gambar diatas adalah Berat badan siswa pada suatu kelas disajikan dengan histogram seperti pada gambar. Kuartil bawah dari data diatas adalah. A B C.6,5. D.7,5.

1 BAB I STATISTIKA PENGENALAN STATISTIKA A ...

E Kuartil atas dari data diatas adalah. A B Perhatikan tabel di atas adalah Siswa dinyatakan lulus ujian matematika jika nilai ujiannya lebih Author: Mbah Paijo.

Data kuantitatif terbagi atas dua bagian, yaitu data cacahan dan data ukuran. a) Data cacahan (data diskrit) adalah data yang diperoleh dengan cara membilang. Misalnya, data tentang banyak anak dalam keluarga.

b) Data ukuran (data kontinu) adalah data yang diperoleh dengan cara mengukur. Misalnya, data tentang ukuran tinggi badan murid.

Contoh Soal Ukuran Penyebaran Data

Berikut ini adalah data berat badan (dalam kg) dari 36 siswa yang dipilih secara acak dari sekolah tertentu. Untuk membuat diagram kotak garis dari data berat badan di atas, ditempuh langkah-langkah berikut.

Urutkanlah data berat badan tersebut dari terkecil sampai terbesar. Misalkan, hasil pengukuran berat badan 5 murid adalah 43 kg, 43 kg, 44 kg, 55 kg, dan 60 kg.

Adapun tingkat kesehatan dari kelima murid itu adalah baik, baik, baik, buruk, dan buruk. Tentukan kuartil atas (Q 3) dengan membagi data di atas Q 2 menjadi dua bagian sama banyak.

Contoh Soal 1. Tentukan datum terkecil, datum terbesar, median. A. Pengertian Data dan Statistika 1. Data Data adalah sekumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan atau penelitian. Bentuk data adalah sebagai berikut: Data Kuantitatif, yaitu data yang berupa angka dan diperoleh dari hasil pengukuran.

Contoh: umur siswa kelas 3 SMP, berat badan siswa kelas 3 SMP dan lain-lain.

Cara menghitung Median, Modus/ Mode, Kuartil dan Desil

Data kuantitatif, yaitu data. Data di atas dapat dilengkapi sebagai berikut. Dengan demikian rata-rata data dapat dihitung sebagai berikut. Jadi, rata-rata berat badan siswa adalah 53,1 kg.

Nah, sekarang perhatikan data yang disajikan dalam bentuk histogram berikut. Tentukan nilai rata-ratanya.

STATISTIKA

Cara Mudah Menentukan Kuartil Atas dan Kuartil Bawah Pada Data kelompok Author: TIM.

Kuartil atas data berat badan di atas adalah
Rated 4/5 based on 24 review